Saat itu penduduk Amerika Serikat mulai menyukai musik pop ini. Bermula pada Perang Dunia I tahun 1918. Kata pop pertama kali dicetuskan oleh Thomas Edison seorang pengamat seni rupa dari kebangsaan inggris. Dengan kata lain, musik pop itu berasal dari kata populer dan komersil, banyak yang menggemari musik jenis ini.

Jenis musik ini banyak di gemari karena komersial dari berbagai rekaman musik, sebab berorientasi menuju pasara muda, sebab lirik lagunya yang mudah dan relatif sederhana. Tapi mempunyai pesan yang dalam disetiap kalimat liriknya. Genre pop termasuk salah satu genre musik dengan daya tarik yang bagus, melalui industri musik yang semakin berkembang. Berbeda dengan seni musik tradisional, yang biasanya penyebarannya secara akademis, penonton lokal dan lingkup lebih kecil.

Musik Pop

Berkembangnya Musik Pop di Indonesia

Berawal dari tahun 1960, band lokal dalam negeri mulai berkreasi dan diprakarsai oleh band Koes Bersaudara (Koes Plus), menggantikan musik yang awalnya diisi oleh band dari Malaysia dan Singapura. Kemunculan Koes Plus membawa musik populer yang dengan mudah dinikmati oleh masyarakat di Indonesia. Setelah popularitasnya (Koes Plus), banyak penyanyi terkenal Indonesia yang dikenal se-Asia Tenggara seperti Rossa, Ungu, Krisdayanti (KD), Noah, The Changcuters dan Wali band.

Sejarah Musik Pop Di Indonesia

Berawal dari tahun 70-an dengan grub band yang cukup terkenal, Koes Ploes. Dengan lagu-lagu yang di dibuat grub band, mulai dari versi irama melayu, dangdut, pop anak-anak, pop, pop jawa, irama keroncong, folk song, hard beat, dan lagu berbahasa Inggris. Sehingga namanya pun diabadikan sebagai kelompok musik yang paling berpengaruh di Museum Record Indonesia (MURI). Pembawaan lagu mereka dikenal sangat sederhana dalam syair, musik, maupun melodi.

Band yang mengenalkan genre pop musik ini, tidak berjalan mulus. Pada tahun 1976, Koes Plus pernah redup, saat regenerasi mulai berkembang dan selera penikmat music pun berubah. Puncaknya pada 1978, ketika Koes Plus benar-benar redup dalam dunia music. Seiring berjalannya waktu dari era 70-an ke 80-an, musik pop Indonesia dihiasi oleh sejumlah kelompok musik seperti Mercy’s, Panber’s, D’Lloyd dan Koes Plus.

Pemusik Indonesia Dalam Genre Pop

Chica Koeswoyo (1968)

Menjadi generasi ketiga Koeswoyo membuatnya menjadi salah satu pionir yang membuka peluang penyanyi cilik sebagai primadona di tahun 70-an. Pada zamannya, lirik lagu anak-anak terdengar sederhana dan mudah dihafal loh.

Riyanto (1943 – 1994)

Termasuk salah satu musik Indonesia (solo) yang telah berhasil menerbitkan dan mentenarkan para penyanyi top era 70-80an ke dapur rekaman seperti; Tety Kadi, Ernie Djohan, Rafika Duri, dan Jamal Mirdad.

Chrisye (1949 – 2007)

Chrisye memulai karir nya sebagai bassist band gipsy dan mulai tertarik dengan musik pop. Nama asli Christian Rahardi, termasuk salah satu sosok penyanyi dan pecipta lagu di Indonesia. Banyak lagu yang dirilis oleh Chrisye yang di aransement ulang oleh penyanyi top sampai sekarang.

Kategori: Musik Pop

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *